News Update :

Pemanfaatan Rumput Laut

Friday, November 19, 2010

Rumput laut telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan makanan untuk dikonsumsi dalam bentuk lalapan (dimakan mentah), dibuat acar dengan bumbu cuka, dimasak sebagai sayur, dibuat urap dengan bumbu kelapa parut, atau ditumis, acar dan salad. Rumput laut juga bisa dimanfaatkan sebagai obat, misalnya sebagai obat cacingan, obat batuk, obat asma, bronkhitis, pendarahan hidung dan pengobatan penyakit gangguan akibat kekurangan iodium (Jana-Anggadiredjo, 2006).

Pemanfaatan atau pengolahan dari bahan dasar rumput laut masih terbatas. Salah satu upaya pemanfaatannya adalah dengan diversifikasi menjadi produk manisan kering rumput laut. Produk manisan kering merupakan produk yang sudah lama dikenal dan disukai oleh masyarakat karena selain praktis sebagai makanan ringan juga merupakan sumber kalori bagi tubuh. Manisan merupakan salah satu bentuk pangan olahan yang diawetkan dengan gula. Ada 2 macam bentuk olahan manisan, yaitu manisan basah dan manisan kering. Manisan basah diperoleh setelah penirisan buah dari larutan gula, sedangkan manisan kering diperoleh bila manisan yang pertama kali dihasilkan (manisan basah) dilanjutkan dengan proses pengeringan (Anonim, 2007a).

#Jana-Anggadiredjo, 2006. Rumput Laut. Penebar Swadaya, Jakarta.
#Anonim, 2007a. Manisan Buah. http://www.ristek.go.id.
Share this Article on :

1 comment:

Unknown said...

fungsi KOH (hidroksi) dalam perendaman rumput laut apa saja..???
tolong bantuanx..?? alx sebagai bahan penyusunan skripsi saya..
Thanks

Post a Comment

 

© Copyright Gadget News and Reviews 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.